Blog Resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang

Selasa, 16 Oktober 2012

Organisasi merupakan wadah untuk menyalurkan jiwa politik dan menyampaikan aspirasi. Pada tingkat Perguruan Tinggi atau Universitas, mahasiswa dapat menyampaikan aspirasi melalui ormawa  (Organisasi Mahasiswa) yang ada di kampus. Ormawa ini mulai dari tingkat jurusan (Himpunan Mahasiswa Jurusan/HIMA), fakultas (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas/BEMF), dan universitas (Unit Kegiatan Kemahasiswaan dan BEM Universitas ).
Ada tiga golongan mahasiswa berdasarkan keaktifannya di organisasi.
Pertama, golongan mahasiswa yang mengikuti organisasi dengan bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Mereka berorganisai untuk mengaktualisasikan kebenran dengan fakta yang berjalan. Mereka inilah aktifis yang mau mengorbankan waktunya untuk kepentingan masyarakat, khususnya masyarakat kampus. Sibuk, aktif, dan bersemangat merupakan karakteristik golongan ini. Hal ini karena mereka tidak menomorduakan kuliah, dan tidak juga menomorsatukan organisasi. Dengan kata lain, golongan ini dapat membagi waktu antara kuliah dan organisasi dengan baik dan tepat.
Sebagai konsekuensi dari jalan yang dipilihnya, mereka hanya memiliki sedikit bahkan tidak ada waktu untuk bermain-main atau hang out, apalagi pacaran. Sebagaimana  yang kita ketahuai, pacaran adalah harga mutlak bagi kebanyakan mahasiswa. Namun, golongan pertama ini dapat dibilang jarang yang mempunyai pacar atau mungkin punya tapi sering “cek-cok” karena kurangnya waktu ketemuan atau kurang perhatian.
Kedua, ada mahasiswa yang hanya ikut-ikutan berkecimpung dalam dunia ormawa. Niatnya, hanya untuk mencari teman, mendapatkan sertifikat, dan ingin terkenal. Alasan inilah yang paling banyak menjadi alasan mahasiswa ikut dalam ormawa. Mereka melakukan kerja sesuai dengan yang diamanahkan, namun kinerjanya setengah-setengah.
Golongan ini dapat dibagi lagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok mahasiswa yang ikut-ikutan berorganisasi namun lebih mengutamakan kuliah dan ada juga yang baik kuliah maupun organisasinya sama-sama macet.
Mengenai pacaran, nampaknya golongan ini banyak yang mempunyai hubungan spesial dengan teman spesial. Hal ini karena memiliki waktu yang tidak terlalu terforsis di kampus.
Ketiga, golongan mahasiswa anti-organisasi. Golongan ini sama sekali tidak ingin berkecimpung dalam organisasi. Ada di antara mereka yang hanya fokus dengan urusan kuliah. Mereka memilih jalur aman, karena takut tidak dapat menghendel waktu dengan baik. Banyak diantara mereka yang mempunyai IPK sangat memuaskan, walaupun mereka juga berpacaran. Ada juga di antara mereka yang tidak begitu fokus kuliah. Waktunya banyak digunakan untuk main-main atau hang out dan pacaran. Ini tentu golongan mahasiswa yang buruk. Tidak memilih untuk berorganisasi dan tidak juga fokus kuliah.
Nah, diantaraa tiga golongan yang telah dijabarkan, kira-kira Kamu masuk golongan mana ya??. Dan kira-kira ada ga’ golongan lain menurutrmu??.

 oleh
 "Muthia Miranda Zaunit"
Categories:


Salam Dari Keluarga Besar FMIPA UNP. Jika ada kritik dan Saran Hubungi kami Via Facebook :Bem Fakultas mipa Unp, Twitter : Bem Fmipa Unp atau via SMS/TELP : 0857-6646-0236

0 comments:

Posting Komentar